Social Icons

September 22, 2012

Arus Listrik - Baterai Listrik

Baterai adalah obyek kimia penyimpan arus listrik. Baterai tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Baterai AA sering digunakan pada berbagai peralatan elektronik.

Elemen kering atau baterai adalah sumber tegangan yang dapat lebih lama mengalirkan arus listrik dari pada elemen Volta. Elemen kering dibuat pertama kali pada tahun 1866, kimiawan Perancisoleh George Leclanche. Elemen kering ini terdiri atas Zn yang berbentuk bejana dan logam dalam Zn ini dilapisi karbon (batang arang). Karena batang arang memiliki potensial lebih tinggi daripada Zn, maka batang arang sebagai anoda, sedangkan Zn sebagai katoda.

Pada elemen kering, NH4Cl sebagai larutan elektrolit dan MnO2 sebagai depolarisator. Kegunaan dispolarisator yaitu dapat meniadakan polarisasi. Sehingga arus listrik pada elemen kering dapat mengalir lebih lama sebab tidak ada gelembung-gelembung gas.

Arus listrik pada baterai mengalir searah dan terjadi bila kutub positif dihubungkan dengan kutub negatif. Oleh sebab itu aliran baterai dinamakan Direct Current (DC). Untuk menambah tegangan listrik baterai dapat disusun secara seri, yaitu disusun berurutan dengan kutub positif-negatif dengan berselang-seling. Misalnya 3 buah baterai mempunyai tegangan 1,5 volt yang disusun seri akan mempunyai tegangan 4,5 volt. Susunan seperti ini sering kita jumpai pada alat-alat listrik sederhana seperti senter dan walkman. Adapun pasangan parallel adalah jika masing-masing kutub baterai yang sama saling dihubungkan, tegangan listrik yang didapat bertambah, tetapi arus yang mengalir akan menjadi lebih besar.

Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkannya dalam bentuk listrik. Baterai terdiri dari tiga komponen penting, yaitu:
  1. Batang karbon sebagai anoda (kutub positif baterai)
  2. Seng (Zn) sebagai katoda (kutub negative baterai)
  3. Pasta sebagai elektrolit (penghantar)

Baterai yang biasa dijual (disposable/sekali pakai) mempunyai tegangan listrik 1,5 volt. Baterai ada yang berbentuk tabung atau kotak. Ada juga yang dinamakan rechargeable battery, yaitu baterai yang dapat diisi ulang, seperti yang biasa terdapat pada telepon genggam. Baterai sekali pakai disebut juga dengan baterai primer, sedangkan baterai isi ulang disebut dengan baterai sekunder.

Baik baterai primer maupun baterai sekunder, kedua-duanya Bersifat merubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai primer hanya bisa dipakai sekali, karena menggunakan reaksi kimia yang bersifat tidak bisadibalik (irreversible reaction). Sedangkan baterai sekunder dapat diisiulang karena reaksi kimianya Bersifat bisa dibalik (reversible reaction).

Baterai elemen kering menggunakan prinsip pembedaan potensial menggunakan lempeng logam yang diatur sedemikian rupa.Akibat perbedaan potensial maka akan muncul gerak elektron yang memicu gerak arus listrik. Memang gerak electron berlawanan arah dengan gerak arus listrik, karena sumber ini digunakan untuk menghidupkan tenaga listrik yang lebih banyak dibicarakan kemudian adalah gerak arusnya dibandingkan gerak elektronnya.

Akibat gerak listrik (arus listrik) yang berasal dari potensial tinggi (+) jika ada polarisasi menuju potensial rendah (-) walaupun Seharusnya gerak electron itu berasal dari (-) menuju (+).

1 comment: